Struktur kurikulum ini dirancang secara sistematis dan
integratif, mencakup tiga pilar utama:
- Penguatan keilmuan dan spiritualitas, melalui program
tahsin, tahfidz, kajian kitab kuning, dan murottal. - Pembinaan karakter dan kepemimpinan, melalui praktik
ibadah, pelatihan kepemimpinan, dan kegiatan
kemasyarakatan. - Pengembangan kecakapan abad 21, khususnya melalui
pembelajaran bahasa Arab dan Inggris, serta pemanfaatan
media digital dalam pendidikan.
Kami menyadari bahwa penyusunan kurikulum ini tidak
lepas dari kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat terbuka
terhadap berbagai masukan dan kritik konstruktif dari
seluruh pihak demi penyempurnaan dan keberlangsungan
pendidikan yang lebih baik di masa mendatang. Harapan
kami, dokumen ini dapat menjadi pedoman yang efektif dan
aplikatif bagi para pengelola, musyrif/ah, dosen pembina,
serta seluruh santri dalam mewujudkan visi dan misi Ma’had
secara kolektif.
